PERSIAPAN MENJELANG SBMPTN

      SBMPTN dilaksanakan pada hari selasa-rabu tanggal 18-19 Juni 2013.
Karena itu sejumlah hal yng perlu kita persiapkan menjelang SBMPTN, Antara lain:
  1.  Pastikan bahwa tempat dan ruang ujian sudah kita ketahui dengan jelas. Pastikan pula bahwa rute kendaraan umum atau kendaraan pribadi untuk menuju ketempat Ujian sudah kita pahami. akan sanagat baik jika kita melakukan survei terlebih dahulu. Dilokasi ujian kita juga perlu mencek dimana letak WC/kamar kecil. Siapa tahu kita memerlukannya
  2.  Periksalah kelengkapan alat tulis menulis yang hendak dipergunakan:
  • Pensil 2B, lebih dari satu, semua sudah diraut dengan baik.
  • Karet penghapus yang lembut dan baik.
  • Papan alas untuk menulis. Perhitungkan kondisi paling buruk bahwa kita ditempatkan dilokasi ujian yang tidak menyediakan meja atau alas memadai untuk mengerjakan ujian. Masukan semua peralatan tersebut ke dalam kantong/tas yang praktis untuk dibawa.
  3. Buatlah rencana penggunaan waktu, selama waktu pengerjaan ujian:
  • Berapa menit untuk mengisi data dilembar jawaban.
  • Berapa menit untuk melakukan survei keseluruhan atas naskah soal.
  • berapa menit untuk mengerjakan soal dinaskah soal
  • berapa menit untuk memindahkan kelembar jawaban (menghitamkan jawaban dilembar jawaban.
  • Berapa menit untuk penyelesaian akhir (menyiasati soal-soal tersisa, memeriksa sekali lagi kelengkapan lembar jawaban).
4.  Siapkan Pakaian lengkap untuk dipakai esok hari. Tentunya sangat tidak lucu jika pagi hari yang sepenting itu disibukkan oleh urusan pakian yang belum siap. Siapkan pula sapu tangan atau tisue, karena dapat dipastikan akan ada cukup banyak hal yang akan membuat kita berkeringat.

5. Siapkan jam yang dapat dipercaya. Ini mutlak perlu untuk memudahkan manajemen waktu selama pengerjaan soal

6. Siapkan kart tanda peserta SBMPTN. Dilaminating dan difotocopy bila perlu. Letakkan ditempat yang tidak mungkin tertinggal.

7. Persiapkan diri untuk bangun sepagi mungkin pada hari ujian, Mungkin kita berfikir bahwa bagi kita yang terbiasa shalat subuh tepat waktu, bangun pagi bukanlah halangan. Tetapi tetap saja penting untuk berpersan kepada orang serumah untuk membangunkan kita. Atau pasanglah weker.

8. Tidur dimalam hari menjelang ujian sangat penting. Sering kali kita menjadi sulit tidur. Berdoalah sebanyak-banyaknya  dan berdzikirlah. Karena hanya dengan berdzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala hati bisa menjadi tenang dan tidur pun insya allah dapat nyenyak.

9. Persiapkan menu dan bahan untuk sarapanesok hari. Sarapan untuk menghadapi SBMPTN sangat penting. Ingatlah bahwa kita akan bekerja keras memutar otak selama beberapa jam. Hal ini perlu ditunjang oleh energi ekstra.

10. Jika kita akan pergi ketempat hujian dengan menggunakan kendaraan pribadi (motor atau mobil), periksalah kondisi kesiapan kendaraan dan kelengkapan surat-suratnya ( SIM, STNK dll)

Semoga bermanfaat :)


0 komentar:

Post a Comment